3 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Minta Diformat dan Pencegahannya

3 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Minta Diformat dan Pencegahannya

Posted on

Kabar buruk! Kartu memori milikmu minta diformat padahal di dalamnya ada data penting yang segera kamu butuhkan. Tentu saja kamu harus mencoba semua cara agar data kamu tidak hilang. Jangan panik, kami punya 3 cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Perlu kamu ketahui bahwa kartu memori merupakan non-volatile memory (NVM) atau non-volatile storage (NVS). NVM atau NVS adalah ruang penyimpanan yang dapat menyimpan data meski tanpa aliran listrik. Berbanding terbalik dengan volatile memory (VM) yang hanya dapat bekerja dengan constant power.

Contoh sederhana bisa kita dapatkan dari ruang penyimpanan pada smartphone. NVM adalah ROM dan VM adalah RAM.

Keunggulan NVM adalah data yang tersimpan didalamnya tidak mudah hilang. NVM juga cukup tangguh meski memiliki beberapa pantangan dalam penggunaannya.

Memperbaiki Kartu Memori yang Minta Diformat

Apabila kartu memori terlanjur rusak dan minta format ulang, kamu bisa simak cara memperbaiki kartu memori berikut ini:

1. Bersihkan Tembaga pada Kartu Memori

Penyebab tidak terbacanya kartu memori yang paling sering muncul adalah kotornya garis kuning ini. Ini karena tembaga yang berlapis debu, apalagi jika lapisan debu tersebut tebal dan mulai mengeras.

Kamu bisa membersihkan lapisan tembaga ini dengan menggunakan penghapus pensil, cotton bud, kapas, atau tisu. Perlu kamu ingat bahwa alat untuk membersihkan haruslah kering. Jangan gunakan tisu basah dengan asumsi akan cepat kering, ya.

Kamu juga harus super hati-hati ketika membersihkan lapisan tembaga ini. Jangan terlalu keras menekan hingga menggores lapisannya. Kamu juga perlu membersihkan residu setelahnya. Ini adalah salah satu cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat.

2. Cek Letak Kerusakan Kartu Memori

Setelah kamu melakukan cara pertama, kamu dapat mencoba kartu memori kamu di ponsel lain dan/atau PC. Proses ini penting untuk mengetahui apakah kartu memori kamu betul-betul rusak atau ponsel kamulah yang sedang error.

Baca Juga:  Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi

Kalau memungkinkan, kamu bisa backup semua data ke PC. Kamu bisa format kartu memori setelahnya. Namun jika kartu memori tidak terbaca atau perintah untuk memformat masih muncul, kamu perlu cek letak kerusakan kartumu.

Caranya dengan menyambungkan kartu memori kamu ke PC. Klik kanan pada ikon memorimu lalu pilih Properties. Klik Tools, lalu Check, kemudian Repair Drive. Kamu tinggal tunggu proses selesai.

3. Pakai Aplikasi Memperbaiki Kartu Memori

Kalau dua cara di atas sudah kamu coba dan masih belum berhasil, mungkin memang ada baiknya kamu memformat kartu memori kamu. Bisa jadi kartu memori kamu sudah terpapar virus.

Sebagai cara menyelamatkan data memory card yang minta diformat, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk menyelamatkan data kamu. Kamu bisa unduh aplikasi 7 Data Recovery atau EaseUS Data Recovery.

● 7 Data Recovery

cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat 1

Untuk aplikasi ini, kamu bisa langsung unduh secara gratis dari PC. Setelah proses instal selesai, kamu bisa jalankan aplikasinya. Kamu akan mendapat beberapa opsi, kamu bisa pilih Complete Recovery.

Baca Juga:  Ternyata Mudah, Inilah 6 Cara Mengetahui Tipe Hp Vivo

Centang drive (kartu memori) yang ingin kamu perbaiki lalu klik Next. Tunggu prosesnya hingga selesai. Setelah proses scanning dan proses perbaikan selesai, data kamu akan kembali. Kamu tinggal simpan ulang deh.

● EaseUS Data Recovery

Selain 7 Data Recovery, ada juga aplikasi bernama EaseUS Data Recovery. Aplikasi ini juga tidak berbayar alias gratis. Kamu tinggal unduh saja melalui PC. Lalu install.

cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat

Buka aplikasinya maka akan muncul beberapa opsi. Pilih Complete Recovery. Lalu pilih drive atau kartu memori yang ingin kamu kembalikan datanya. Kemudian kamu tinggal klik Next.

Centang data-data yang ingin kamu pulihkan, lalu klik Next lagi. Setelah proses selesai, data-data kamu akan selesai dipulihkan. Kamu tinggal simpan ulang data-data tadi ke drive lain. Ingat, jangan simpan data di kartu memori dulu.

Nah, pemulihan data menggunakan aplikasi ini sangat berguna jika kartu memori kamu sudah terlanjur terformat. Cara ini juga dapat kamu gunakan sebagai cara mencadangkan kartu SD sebelum diformat.

Baca Juga: 3 Cara Menyimpan Video Dari Youtube Go Ke Galeri

Baca Juga:  3 Cara Membuat Stiker WA Bergerak Paling Mudah

Cegah Agar Kartu Memori Kamu Tidak Mudah Rusak

Sebagai antisipasi agar kartu memori kamu tidak mudah rusak, berikut ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan:

1. Kartu Memori Tidak Boleh Mengalami Benturan

Ini tidak berarti kartu memori sangat fragile hingga kamu harus memegangnya bak sedang memegang kaca. Hanya saja benturan yang sering terjadi dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kartu memori kamu.

2. Kartu Memori Tidak Boleh Terkena Air

Meski sudah kering, air dapat menyebabkan korosi pada tembaga yang terdapat pada kartu memori. Ini juga berlaku dengan keringat yang tidak sengaja lekat pada kartu memori saat kamu menyentuhnya.

3. Bersihkan Kartu Memori Secara Berkala

Tembaga atau logam kuning pada kartu memori adalah connector antara kartu dengan perangkat. Tembaga yang tidak tertutup ini sering terkena debu yang akhirnya menghambat koneksi kartu dengan perangkat.

4. Jangan Sering Mencabut Kartu Memori dari Perangkat

Apabila kartu memori sering kamu lepas pasang, kartu memori akan sering melakukan pembacaan ulang saat terpasang kembali. Ada baiknya kamu gunakan kabel data saat memindah data dari ponsel ke PC.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Kamera Belakang Android Tidak Berfungsi

Selalu ada harapan di masa sulit. Kini kamu tidak perlu panik kalau kasus yang sama muncul kembali. Semoga trik dan cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat di atas bermanfaat untuk kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *