2 Cara Menampilkan Barcode Wifi di HP Samsung Tanpa RIbet

Posted on

Bagaimana cara menampilkan barcode wifi di HP Samsung?

Sebagai salah satu pemain lama di pasar elektronik, khususnya ponsel pintar maka tidak heran jika pengguna Samsung di Indonesia sangat banyak.

Meski populer di Indonesia, tapi tidak bisa kamu pungkiri bahwa HP Samsung ini memiliki satu kelemahan yang cukup kentara. Kelemahan ini terkait dengan fitur untuk menampilkan barcode code wifi.

Hal ini tentunya menjadi salah satu keluhan pelanggan apalagi koneksi internet adalah kebutuhan utama bagi masyarakat di era digital seperti sekarang. Ribet pastinya kalau kamu sedang di luar tanpa ada mobile data, maka sudah pasti akan kebingungan mencari koneksi wifi dari perangkat lain.

cara menampilkan barcode wifi di hp samsung

Sayangnya, ketidakhadiran fitur ini membuat kamu kesulitan berbagi koneksi dengan pengguna Samsung lain.
Tapi kamu tidak perlu panik kok.

Karena kamu tetap bisa berbagi jaringan dengan pengguna HP Samsung lain dengan beberapa cara yang akan saya bahas di artikel ini.

Cara yang akan saya sampaikan ini ada yang perlu bantuan aplikasi dan bahkan bisa tanpa aplikasi juga. Jadi kamu bisa memilih cara mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

1. Tampilkan Barcode Wifi Tanpa Aplikasi

cara menampilkan barcode wifi di hp samsung 1

Cara pertama yang akan saya bahas tidak membutuhkan bantuan aplikasi tambahan. Jadi kamu tidak perlu repot instal aplikasi lain. Cara ini harusnya menjadi jalan keluar utama bagi kamu yang memori HP-nya terbatas.

Di sini, kamu hanya perlu mengakses browser bawaan Samsung untuk bisa menampilkan barcode code wifi.

Syarat Utama

Perlu diingat, semua tipe HP Samsung pasti memiliki browser ini. Hanya saja mungkin, di beberapa tipe akan ada perbedaan letak atau nama menu. Tapi perbedaannya tidak akan terlalu banyak. Jadi kamu harus memahami betul langkah-langkah yang akan saya bagikan nanti.

Aplikasi berupa browser bawaan inilah yang nantinya membantu kamu memindai kode QR wifi dari perangkat Samsung lainnya.

Satu lagi, cara kedua ini hanya bisa berlaku jika HP Samsung kamu OS-nya minimal Marshmallow ya. Di bawah versi ini tidak bisa. Jadi, pastikan untuk mengupgrade OS HP Samsung kamu terlebih dahulu sebelum mencobanya.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop HP Dengan Mudah

Langkah-Langkah

Lalu bagaimana cara menampilkan barcode wifi di hp samsung tanpa aplikasi?

Pertama, buka browser bawaan Samsung dan pilih menu opsi yang terletak di bagian pojok kanan atas. Menu ini biasanya ditandai dengan tiga garis atau tiga dot (titik), tergantung tipe HP kamu.

Kedua, setelah menu opsi tadi kamu klik, pilih “extension”.

Ketiga, pastikan kamu mengaktifkan menu “QR Code Reader atau Pembaca Code QR” ya.

Keempat, kembali ke Samsung browser tadi maka kamu akan melihat ada sedikit perbedaan. Ada menu baru yang muncul yaitu “QR Code Reader atau Pembaca Code QR”. Kamu tinggal klik menu baru ini.

Kelima, setelah itu akan muncul pemberitahuan atau notifikasi persetujuan untuk mengakses browser dengan kamera. Klik “Allow atau Izinkan” ya agar kamu bisa menggunakan si kamera untuk memindai kode QR wifi dari perangkat Samsung lainnya.

Keenam atau langkah terakhir ini, kamu akan diarahkan untuk menggunakan kamera sebagai pemindai kode QR.

Yeay, kamu sukses deh menampilkan barcode wifi dari perangkat Samsung lain dan selamat terkoneksi kembali dengan internet. Mudah banget kan cara scan barcode wifi tanpa aplikasi di atas?

Baca Juga:  Langkah Mudah Cara Mengganti Nomor HP Di Gmail Terbaru

2. Tampilkan Barcode Wifi dengan Bantuan Aplikasi

Ada yang merasa ribet dengan cara pertama tadi?

Tenang, masih ada cara kedua yang tidak kalah mudah untuk kalian yang storage HP-nya berlebih dan tidak khawatir memori penuh.

Kamu cukup instal aplikasi tambahan yang pastinya gratis dan bisa kamu unduh di Play Store. Keberadaan aplikasi ini cukup vital bagi pengguna HP Samsung karena memang bisa mempermudah cara berbagi wifi Samsung.

Salah satu aplikasi yang akan kamu gunakan di sini adalah Insta Wifi. Kabar baiknya, aplikasi gratis ini bisa kamu gunakan untuk semua merek, jadi tidak terbatas untuk Samsung saja ya.

Salah satu kelebihan utama dari aplikasi ini adalah proses pengoperasiannya yang tidak membutuhkan root. Jadi penggunaannya sangat simpel.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Menyala

Langkah-Langkah Penggunaan

Lalu bagaimana cara menggunakan Insta Wifi ini?

Pertama, unduh Insta Wifi dari Play Store dan coba masuk ke dalam aplikasi setelah selesai pengunduhan.

Kedua, setelah masuk kamu akan mendapat dua pilihan yaitu berbagi dengan NFC atau QR Code.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan Internet HP ke Laptop Dengan Mudah

Ketiga, pilih Code QR dan isi bagian SSID Security dan juga password yang kamu inginkan.

Keempat, HP Samsung yang belum terhubung dengan wifi bisa membuka menu barcode scanner. Di sini, kamu bisa mengarahkan kamera HP Samsung yang belum terhubung dengan wifi ke QR Code yang muncul dari aplikasi Insta Wifi tadi.

Selesai! HP Samsung kedua berhasil terkoneksi dengan wifi atau internet dari perangkat Samsung satunya.

Mudah kan, cara berbagi wifi Samsung yang satu ini?

Bagaimana menurut kamu?

Kedua cara menampilkan barcode wifi di HP Samsung di atas sama-sama mudah dan tidak ribet kan? PIlih saja cara mana yang lebih nyaman untuk kamu gunakan. Toh, tujuannya sama-sama untuk menampilkan QR code wifi dan berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *