Cara Menghapus Aplikasi iPhone
Cara Menghapus Aplikasi iPhone

Banyak Pilihannya! Ini 4 Cara Menghapus Aplikasi iPhone

Posted on

Kesel pasti ya rasanya kalau iPhone yang kamu gunakan lemot? Mungkin akan banyak aktivitas dan urusanmu terganggu karenanya. Solusinya sudah pas jika kamu mencari tahu cara menghapus aplikasi di iPhone.

Selain ngasih tau cara hapus aplikasi, saya juga bakalan kasih tau cara pencegahannya dulu. Jadi, sebaiknya kamu jangan dulu buru buru hapus. Soalnya, ketika iPhone mu berat, penyebabnya nggak melulu karena kebanyakan aplikasi.

Kalau kamu mau tau caranya, baca artikel ini sampai habis ya!

Cara Menghapus Aplikasi iPhone (1)

Cara menghapus sampah aplikasi di iPhone

Salah satu sebab iPhone jadi berat mungkin karena ada data aplikasi yang tersembunyi yang tak kamu sadari.

Makanya sebelum kamu benar benar menghapus aplikasinya, saya sarankan kamu cek dulu apakah ada data aplikasi ini di iPhone mu? Kalau ternyata memang ada, kamu nanti cukup menghapus datanya saja. Nggak perlu hapus aplikasi dulu.

Baca Juga:  Windows Vista - Edisi Apa yang Anda Butuhkan?

Berikut langkahnya:

  • Kamu cek dulu. Masuk ke menu pengaturan umum.
  • Habis itu masuk ke menu penyimpanan iPhone.
  • Nah, nanti akan kelihatan seberapa besar ruang penyimpanan yang sudah kamu pakai. Coba lihat deh mana aplikasi yang memakan data besar.
  • Ketahuan kan mana yang memakan data besar. Apakah aplikasi perpesanan, panggilan, galeri, atau aplikasi apa?
  • Kalau sudah jelas, kamu bisa hapusin data di aplikasi itu satu satu. Hapusin tuh log panggilan, pesan pesan nggak penting, foto yang udah nggak terpakai.
  • Satu lagi yang sering bikin berat adalah Safari. Kamu bisa masuk ke menu pengaturan dan buka safari. Selanjutnya, kamu scroll sampai ketemu data riwayat pencarian yang bisa kamu hapus.
  • Kalau setelah dihapusin semua masih berat, kamu mau nggak mau mesti menghapus aplikasinya dengan cara selanjutnya.

Cara menghapus aplikasi iPhone di home screen

Paling mudah, memang menghapusnya langsung dari layar (homescreen). Cara ini berlaku untuk semua jenis iPhone. Jadi, ini merupakan cara menghapus aplikasi iPhone 7, 8, 11, dan lainnya.

Baca Juga:  Ini 2 Cara Memindahkan Foto ke iPhone dari Laptop/PC

Begini langkahnya:

  • Kamu tinggal buka iPhone dan ada di home screen.
  • Cari deh mana apps yang mau kamu hapus.
  • Kalau udah ketemu, kamu bisa tekan aplikasinya beberapa saat.
  • Selanjutnya, akan muncul tanda silang yang jika kamu klik otomatis akan membuat apps jadi terhapus.

Cara menghapus aplikasi iPhone lewat menu pengaturan

Melalui layar memang mudah sih. Tapi kelemahannya, kamu nggak bisa ngeliat aplikasi mana saja yang ngabisin ruang penyimpanan. Jadi nggak bisa mempertimbangkan mana yang layak dan nggak layak dihapus.

Kalau demikian adanya, kamu bisa coba ini:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Lalu ke pengaturan ‘umum’
  • Selanjutnya ke menu penyimpanan data
  • Kemudian atur penyimpanan (manage storage)
  • Nah, kamu bisa langsung pilih aplikasi yang mau dihapus.

Cara menghapus aplikasi iPhone di iTunes

Selain langsung di perangkat iPhone, kamu juga bisa memanfaatkan iTunes yang dapat kamu operasikan dari PC Mac atau Windows.

Cara menghilangkan aplikasi iPhone di iTunes sebagai berikut:

  • Buka dulu laptopmu
  • Pastikan di dalamnya sudah terinstal iTunes. Kalau belum, install dulu.
  • Dari dashboard iTunes, kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang terinstal di iPhone.
  • Nah, tinggal hapusin aja satu per satu aplikasi yang sudah nggak kamu perlukan lagi.
Baca Juga:  Ternyata Mudah, Inilah 6 Cara Mengetahui Tipe Hp Vivo

Kira kira, mana cara menghapus aplikasi iPhone yang paling pas dengan keinginanmu? Mana aja boleh kamu coba. Bisa kok semuanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *